Peningkatan Kompetensi Guru Seni Musik Melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Menggunakan Pendekatan Kontekstual
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru seni budaya (musik) berbasis literasi yang mengedepankan pembelajaran humanistik dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Melalui pembelajaran literasi dengan memasukkan unsur kearifan lokal, diharapkan mampu mendorong guru untuk menggunakan strategi pembelajaran kontekstual agar relevan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kepustakaan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan seni dan budaya di sekolah menjadi sangat terbatas, salah satunya karena keterbatasan literasi. literasi yang dimaksud dapat dilakukan dengan jalan observasi, selain itu dapat pula dilakukan dengan melakukan aktivitas konkret atas realitas yang dihadapi peserta didik dan hasilnya dipaparkan dalam bentuk tulisan atau karya seni. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran seni dan budaya.
Downloads
References
Bialystok, E. (2007). Acquisition of literacy in bilingual children: A framework for research. Language Learning. https://doi.org/10.1111/j.1467-9922.2007.00412.x
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia, 52. https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318
Gormally, C., Brickman, P., Hallar, B., & Armstrong, N. (2009). Effects of Inquiry-based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. https://doi.org/10.20429/ijsotl.2009.030216
Kristanto, A. (2020). Urgensi Kearifan Lokal melalui Musik Gamelan dalam Konteks Pendidikan Seni di Era 4.0. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(1), 51–58.
Mudzanatun, M. (2017). PENYIAPAN PENDIDIK ABAD 21 MELALUI BUDAYA LITERASI. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7(1). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1774
Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2).
Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37
Oktarina, P. S. (2019). Budaya Literasi sebagai Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Putra, A. D., Putra, I. E. D., & Ferdian, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Musik Pada Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 30–40.
Rahmat, M., -, M., & Zulaikah, S. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA (Halaman 108 s.d. 112). Jurnal Fisika Indonesia. https://doi.org/10.22146/jfi.24384
Resi, L. A., Haryono, S., & Subiyantoro, S. (2019). Pendidikan Seni Tari Sanggar Seni Sarwi Retno Budaya Surakarta Sebagai Pengembangan Karakter Anak. Mudra Jurnal Seni Budaya. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.648
Siregar, S. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DI SMK NEGERI 1 SIRANDORUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. https://doi.org/10.31604/jips.v5i1.2018.14-19
Copyright (c) 2020 Irdhan Epria Darma Putra, Rudi Nofindra, Agung Dwi Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.