Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Karawitan Jawa

Authors

  • Christina Dwi Hartanti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24036/musikolastika.v3i1.60

Keywords:

karawitan, istilah, kreativitas, perilaku

Abstract

Karawitan Jawa (Javanese Gamelan Orchestra) masih diminati sebagian orang Jawa. Dari perspektif pendidikan musik, orang-orang Jawa tidak mengalami banyak kesulitan dalam bermain gamelan sebab musik tersebut sudah menjadi bagian dari tradisi mereka. Namun tidak demikian bagi mereka yang tidak terbiasa dengan musik Jawa, terutama jika dikaitkan dengan istilah-istilah Jawa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kata/istilah dalam gamelan Jawa tidak hanya berhenti pada makna, tetapi lebih dari itu menjadi stimulus, sedemikian rupa, sehingga pembelajar/pemain gamelan merespons stimulus tersebut menjadi perilaku musikal. Penelitian ini berada dalam ranah konseptual dengan beberapa pendekatan psikologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, antusiasme akan mendorong pembelajar untuk mendalami karawitan dengan lebih dalam, terutama nilai-nilai yang terkandung di dalam kesenian Jawa tersebut (behind the text) seperti nilai filosofis, sosial, kebijakan lokal, norma kemanusiaan, nilai keugaharian, nilai kerohanian, dan terutama untuk memperoleh ‘roso’ yang merupakan ‘roh’ dari estetika Karawitan Jawa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-24

How to Cite

Hartanti, C. D. (2021). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Karawitan Jawa. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 3(1), 62–71. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v3i1.60

Issue

Section

Articles