Video Interaktif Materi Tangga Nada Sebagai Media Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19
Abstract
Pada era pandemi Covid-19 ini, pemanfaatan teknologi memiliki dampak baik bagi peserta didik sekolah dasar maupun guru. Pembelajaran pada era pandemi mengalami beberapa perubahan yang salah satunya adalah pembelajaran daring atau online. Pemanfaatan teknologi berupa media video interaktif pembelajaran dapat mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diajarkan meskipun tidak melakukan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subyek peserta didik kelas V sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan observasi. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui penerapan media video interaktif kedalam pembelajaran SBdP secara online selama pandemi berlangsung. Hasil akhir pada penelitian ini adalah media video interaktif yang dijalankan sesuai dengan prosedur penggunaan dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran SBdP di era pandemi Covid-19.Downloads
References
Andriono, T. N. (2015). Multimedia Interaktif Alat Musik Tradisional Kolintang. CALYPTRA, 3(2), 1–11.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Daryanto. (2013). Media Pengajaran. Gava Media.
Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2), 9.
Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dengan Metode Observasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127–138.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.
Kemendikbud. (2019). Merdeka Belajar. Merdeka Belajar.
Komalasari. (2013). Pendekatan Kontekstual. PT. Refika Aditama.
Kurniawan, M. R. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(2443–1591), 16.
Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 7–16.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh: Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. CV. Alfabeta.
Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Unesa University Press.
Nurajizah, S. (2016). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak. Prosisko.
Rizkiansyah, I., & Sukardiyono, T. (2013). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Teknik Bermain Piano Berbasis Multimedia Di Lembaga Kursus Musik “Ethnictro” Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik Untuk Siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–164.
Sandi, N. V. (2020). Menggambar Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Bakat Siswa Sekolah Dasar. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 79–87.
Sinaga, F. S. S. (2020). Sustainabilitas Pendidikan Musik Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 980–988.
Sinaga, F. S. S., Maestro, E., Marzam, M., & Yensharti, Y. (2019). Software Sibelius Sebagai Alternatif Penulisan Notasi Musik Di Era Millenial. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 1–6.
http://Musikolastika.ppj.unp.ac.id/index.php/musikolastika/article/view/11
Winangsit, E., & Sinaga, F. S. S. (2020). Esensi Pendidikan Musik Berbasis Industri Budaya Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 989–995.
Yunianti, N., Purnama., Nugroho, G. . (2011). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negri Konyo 1 Sragen. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, Vol. 3.
Copyright (c) 2021 Arta Mulya Budi, Heni Siswantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.