Pemanfaatan Perangkat Teknologi dalam Pembelajaran Musik Berbasis Tematik sebagai Peningkatan Keterampilan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar
Abstract
Pemanfaatan teknologi merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan di era abad 21 ini, tak terkecuali diperlukan oleh guru. Pemanfaatan teknologi oleh guru dalam proses pembelajaran, menjadikan proses pembelajaran tersebut lebih berkualitas dan bermakna, antara lain dapat meningkatkan partisipasi, kreativitas, dan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa penggunaan teknologi dapat meningkatkan kemampuan yang berkaitan dengan pemrosesan informasi, berpikir reflektif dan kritis, kreativitas dan, secara umum meningkatkan keterampilan metakognitif. Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi perangkat teknologi yang digunakan oleh guru dalam mengajar musik berbasis tematik di sekolah dasar. Sebanyak 27 guru dari 9 sekolah dasar di kota Padang, Sumatera Barat disurvei menggunakan kuesioner. Selain itu, guru diwawancarai terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran musik berbasis tematik. Temuan studi ini menunjukkan bahwa sebanyak 48,1 % (13 guru) menggunakan smart-phone dalam proses pembelajaran musik berbasis tematik; 33,3 % (9 guru) menggunakan notebook; dan 18,5 % (5 guru) tidak menggunakan perangkat teknologi. Langkah-langkah yang direkomendasikan untuk memperbaiki situasi saat ini adalah dapat memberikan edukasi dan wawasan pada guru di sekolah dasar dalam pemanfaatan perangkat teknologi yang terbukti berguna untuk pertimbangan global.
Downloads
References
Aboalgasm, A. S. and Ward, R. (2014). The Strategies for teaching digital art in the classroom as a way of enhancing pupils’ artistic creativity. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 8 (11). pp. 3588-3592.
Amory, A., Naicker, K. Vincent, J., and Adams, C. (1999). The use of computer games as an educational tool: identification of appropriate game types and game elements. British Journal of Educational Technology. 30(4):311-321.
Chen, J. (2017). Mobile learning in music education. Oxford hanbook online. DOI: 10.1093/oxfordhb/9780199372133.013.16.
Garcia, S. R., Fernandez, R. C., Fernandez, A. C. (2017). Ict in the music classroom. Achieving musical literacy in the 21st century. Edulearn. Conference Proceeding: 9th International conference on education and new learning technologies. Barcelona (Spain), 3-5 Juli 2017.
Gorgoretti, B. (2019). The use of technology in music education in North Cyprus according to student music teachers. South African Journal of Education. 39. 10.15700/saje.v39n1a1436.
Hidayatullah, R. (2020). Kreativitas dalam pendidikan musik: berpikir divergen dan konvergen creativity in music education: thinking divergent and convergent. Musikolastika:Jurnal Pertunjukkan dan Pendidikan Musik, 2:1. https://doi.org/10.7592/musikolastika.v2i1.32
Minds, Visual Musical. (2017). Introduction to Rhythm Reading: Stage One. https://www.youtube.com/watch?v=4vZ5mlfZlgk
Izzati, G. T. (2014). Pembelajaran seni musik dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Diunduh dari http://salamgita.blogspot.com/2014/09/v-behaviorurldefaultvmlo.html.
Kruse, N. B. and Veblen, K. K. (2012), ‘Music teaching and learning online: Considering YouTube instructional videos. Journal of Music, Technology & Education 5: 1, pp. 77–87, doi: 10.1386/jmte.5.1.77_1.
Murillo, R. E. (2017). The 21st century elementary music classroom and the digital music curriculum: a synergism of technology and traditional pedagogy. Diunduh dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1183312.pdf.
Ridwan. (2016). Pembelajaran seni musik tematik sebagai implementasi kurikulum 2013. Ritme: Jurnal Seni dan desain serta pembelajarannya, 2:2, 18-28.
Stuart Wise, Janinka Greenwood, and Niki Davis (2011). Teachers' use of digital technology in secondary music education: illustrations of changing classrooms. British Journal of Music Education, 28, pp 117-134 doi:10.1017/S0265051711000039.
Turchet, Luca & Fischione, Carlo & Essl, Georg & Keller, Damián & Barthet, Mathieu. (2018). Internet of musical things: vision and challenges. IEEE Access. 6. 61994-62017. 10.1109/ACCESS.2018.2872625.
Wicaksono, H. Y. (2009). Kreativitas dalam pembelajaran musik. Cakrawalan Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1, 1–12. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.42.
Copyright (c) 2020 Ardipal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.